Semarang, 7 Agustus 2025 — Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) menjalin perjanjian kerja sama dengan Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kota Semarang. Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Ketua Prodi PGMI Ummu Jauharin Farda, M.Pd., bersama Ketua KKMI 1 Nadzib, S.Ag., dan Ketua KKMI 2 Mudhofar, M.Pd., di MI Tarbiyatul Khoirot Pedurungan.
Kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara dunia kampus dan madrasah dalam pengembangan pendidikan dasar Islam, khususnya dalam peningkatan mutu guru dan mahasiswa melalui kegiatan tri dharma perguruan tinggi.
Dalam sambutannya, Ummu Jauharin Farda menyampaikan bahwa kolaborasi ini merupakan bentuk nyata komitmen PGMI Unwahas dalam mendukung kemajuan madrasah, baik melalui praktik pengalaman lapangan (PPL), penelitian bersama, pelatihan guru, maupun pengabdian masyarakat yang berkelanjutan.
“Kami melihat KKMI sebagai mitra strategis untuk menghadirkan program-program yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas pembelajaran di MI. Mahasiswa kami pun akan mendapatkan ruang belajar yang lebih kontekstual dan aplikatif,” ujarnya.
Ketua KKMI 1, Nadzib, S.Ag., menyambut baik inisiatif ini dan berharap kerja sama ini dapat menjadi langkah awal bagi peningkatan kompetensi guru serta pemanfaatan inovasi pendidikan dari kalangan akademisi.
Senada dengan itu, Ketua KKMI 2, Mudhofar, M.Pd., menekankan pentingnya menjembatani kebutuhan madrasah dengan potensi yang dimiliki perguruan tinggi. Ia menyampaikan bahwa keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan madrasah sangat dibutuhkan, khususnya dalam era transformasi pendidikan saat ini.
Perjanjian kerja sama ini mencakup beberapa bidang utama, seperti pelatihan dan workshop guru, penelitian kolaboratif, serta pengabdian kepada masyarakat.
Dengan terjalinnya kerja sama ini, diharapkan tercipta hubungan kemitraan yang saling menguntungkan antara PGMI Unwahas dan KKMI Kota Semarang dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Islam dasar yang profesional, adaptif, dan berkarakter.