Kode CPL | CPL | Profil Lulusan | Ranah Lulusan |
---|---|---|---|
CPL 1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjunjung tinggi kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, nilai serta etika akademik dengan menghargai keanekaragaman, bekerja sama, memiliki kepekaan sosial sekaligus kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan berbasis nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah (Aswaja). | Profil 1, Profil 2, Profil 3 | Sikap dan Tata Nilai |
CPL 2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan sebagai warga negara yang memiliki nasionalisme, taat hukum, disiplin, dan bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang penelitian dengan semangat kemandirian, kejuangan berbasis nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah (Aswaja). | Profil 1, Profil 2, Profil 3 | Sikap dan Tata Nilai |
CPL 3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan sebagai warga negara yang memiliki nasionalisme, taat hukum, disiplin, dan bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya dengan semangat kemandirian, kejuangan serta kewirausahaan berbasis nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah (Aswaja). | Profil 1, Profil 2, Profil 3 | Sikap dan Tata Nilai |
KU 1 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang keahliannya dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif secara mandiri, bermutu, dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara serta etika ilmiah disertai mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, atau sejawat untuk mengambil keputusan secara tepat berdasarkan hasil analisis informasi dan data yang sahih dan bebas plagiasi dalam bentuk deskripsi saintifik berupa skripsi atau laporan tugas akhir, sekaligus mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi berbasis nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah (Aswaja). | Profil 1, Profil 2 | Ketrampilan Umum |
KU 2 | Mampu bertanggungjawab dan melakukan supervisi serta evaluasi atas pencapaian hasil kerja kelompok terhadap penyelesaian pekerjaan yang berada di bawah tanggungjawabnya sekaligus melaksanakan evaluasi diri serta pembelajaran secara mandiri berbasis nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah (Aswaja). | Profil 1 | Ketrampilan Umum |
KK 1 | Melaksanakan perencanaan, praktik pembelajaran, evaluasi, dan tindak lanjut pembelajaran yang mendidik, komunikatif, santun, dan empatik untuk mata pelajaran umum (Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan) pada Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beragam sumber belajar/ bahan ajar/media pembelajaran serta teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan karakteristik perkembangan dan profil belajar peserta didik berbasis nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah (Aswaja). | Profil 1, Profil 2 | Ketrampilan Khusus |
KK2 | Mengembangkan materi, struktur, konsep, pola pikir keilmuan dan kurikulum mata pelajaran umum (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan PKn) di madrasah ibtidaiyah/ sekolah dasar yang kreatif dan adaptif dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebutuhan masyarakat berbasis nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah (Aswaja). | Profil 1, Profil 2, Profil 3 | Ketrampilan Khusus |
KK3 | Mengembangkan perencanaan usaha, manajemen usaha, dan pemasaran bisnis bidang pendidikan dasar berbasis nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah (Aswaja). | Profil 3 | Ketrampilan Khusus |
P1 | Mampu menganalisis konsep-konsep teoritis tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut pembelajaran yang mendidik, komunikatif, santun, dan empatik untuk mata pelajaran umum (Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan) dan pelajaran agama islam (Qur’an Hadist, Akidah Akhlak, Fiqh, SKI) pada Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beragam sumber belajar/ bahan ajar/media pembelajaran serta teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan karakteristik perkembangan dan profil belajar peserta didik berbasis nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah (Aswaja). | Profil 1, Profil 2 | Pengetahuan |
P2 | Mampu menganalisis konsep-konsep teoritis tentang materi, struktur, konsep, pola pikir keilmuan dan kurikulum mata pelajaran umum (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan PKn) di madrasah ibtidaiyah/ sekolah dasar yang kreatif dan adaptif dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebutuhan masyarakat berbasis nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah (Aswaja). | Profil 1, Profil 2, Profil 3 | Pengetahuan |
P3 | Mampu menerapkan pengetahuan tentang metodologi penelitian pendidikan untuk madrasah ibtidaiyah/ sekolah dasar serta tindakan reflektif guna peningkatan kualitas pembelajaran sekaligus pengembangan diri sebagai perwujudan etos kerja, tanggungjawab tinggi, rasa bangga dan percaya diri, serta menunjung tinggi kode etik guru berbasis berbasis nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah (Aswaja). | Profil 1, Profil 2 | Pengetahuan |
P4 | Mampu menganalisis konsep-konsep teoritis tentang perencanaan usaha, manajemen usaha, dan pemasaran bisnis bidang pendidikan dasar berbasis nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah (Aswaja). | Profil 3 | Pengetahuan |
024-70785578
Jl. Menoreh Tengah X No.22, Sampangan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232